Wednesday, January 2, 2013

Ringkasan Pertemuan 7

Pada pertemuan kali ini dibahas mengenai Standar Kompetensi Lulusan Satuan Minimal (SKL-SP).
Standar Kompetensi Lulusan Satuan Minimal (SKL-SP) meliputi SD/SMP/SMA/SMK yang bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia,serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan selanjutnya secara baik.

Adapun fungsi dari standar ini adalah sebagai berikut :
1. Standar kompetensi lulusan digunakan sebagai pedoman penilaian dalam menentukan
    kelulusan peserta didik,dari satuan pendidikan.
2. Standar kompetensi lulusan pada jenjang pendidikan dasar bertujuan untuk meletakkan
    dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup
    mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
3. Standar kompetensi lulusan pada satuan pendidikan menengah umum bertujuan untuk
    meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan
    untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
4. Standar kompetensi lulusan pada satuan pendidikan menengah kejuruan untuk
    meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan
    untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut

Kemudian yang dibahas disini adalah mengenai evaluasi kurikulum dalam tingkatan informal.
Evaluasi kurikulum dalam tingkatan informal berbentuk perkiraan, dugaan atau pendapat tentang perubahan-peruabahan yang telah dicapai oleh program sekolah. Evaluasi kurikulum merupakan suatu tema yang luas, meliputi banyak kegiatan, meliputi sejumlah prosedur, bahkan dapat merupakan suatu lapangan studi yang berdiri sendiri.

Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) terdiri atas kelompok-kelompok mata pelajaran:
1. Agama dan Akhlak Mulia
2. Kewarganegaraan dan Kepribadian
3. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
4. Estetika
5. Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan


Terima kasih, semoga bermanfaat :)

Nama : Johannes Clinton
NIM    : 5235117121
Prodi  : Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer.

No comments:

Post a Comment